Pinjaman Online

Ingin Ajukan Pinjaman? Ketahui Dulu Syarat Pinjaman Dana Tunai 

July 2, 2019

Ketahui Syarat Pinjaman Dana Tunai Sebelum Mengajukan

Banyak orang memutuskan untuk mencari pinjaman dana sebagai modal usaha, dana pendidikan dan untuk kebutuhan lainnya. Namun, banyak orang kemudian memilih menunda usaha karena tidak mendapat pinjaman dana yang dibutuhkan. Hari ini sudah banyak berkembang di masyarakat lembaga keuangan dan bank yang menawarkan beragam jasa layanan pinjaman dengan beberapa syarat pinjaman dana tunai yang harus dipenuhi. 

Pilihan Jenis Layanan Pinjaman

Secara umum ada dua jenis layanan pinjaman yang bisa Anda pilih, yaitu kredit dengan agunan dan tanpa agunan, berikut penjelasan masing-masing layanan pinjaman:

Kredit Tanpa Agunan 

Kredit tanpa agunan artinya Anda mengajukan pinjaman dana tanpa adanya jaminan yang Anda berikan ke pihak keuangan. Ada beberapa poin pertimbangan yang harus Anda pikirkan sebelum memilih layanan kredit tanpa agunan, antara lain:

Persyaratan

Persyaratan pinjaman tanpa agunan umumnya lebih mudah dipenuhi dan tidak ribet dibandingkan pinjaman dengan agunan. Dokumen utama yang membuat pinjaman dengan agunan lebih rumit adalah dokumen terkait aset jaminan yang harus dipenuhi.

Jangka waktu Peminjaman

Karena diajukan tanpa jaminan (Agunan), membuat kredit tanpa agunan memiliki jangka waktu peminjaman yang lebih pendek dibanding dengan jaminan. Umumnya jangka waktu peminjaman yang diberikan adalah 1 hingga 5 tahun dan harus segera dilunasi. Ini mungkin sedikit sulit dipilih jika peminjaman ditujukan untuk membangun modal usaha karena biasanya bisnis membutuhkan sejumlah waktu untuk berkembang. Sementara, kredit dengan agunan biasanya menawarkan jangka waktu peminjaman hingga 15 tahun.

Nilai plafon

Kredit tanpa agunan memiliki nilai plafon yang rendah, mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 200 juta. Namun lembaga keuangan umumnya menolak memberikan pinjaman hingga batas maksimal ini.

Suku bunga

Suku bunga dari peminjaman tanpa agunan biasanya lebih besar dibandingkan peminjaman dengan agunan.

Kredit dengan Agunan

Jika Anda memiliki aset yang dapat digunakan sebagai agunan untuk kredit, maka Anda bisa memilih menggunakan layanan kredit dengan agunan. Salah satu aset yang bisa dipilih adalah Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB). Dengan menjaminkan BPKB, Anda tetap dapat menggunakan motor Anda selama kredit berlangsung. Berikut beberapa keuntungan kredit menggunakan jaminan, seperti:

Proses Pengajuan Cepat

Proses pengajuan dengan agunan umumnya akan diproses dengan cepat. Namun kecepatan proses antara satu bank dengan bank lainnya tentu berbeda.

Suku bunga

Meski satu bank dan bank lainnya menawarkan tingkat suku bunga yang berbeda-beda, namun suku bunga untuk kredit dengan agunan umumnya lebih rendah dibandingkan kredit tanpa agunan.

Jaminan Keamanan

Anda tidak perlu khawatir terhadap keamanan aset yang Anda jaminkan ke bank karena bank akan memastikan keamanan aset tersebut hingga kredit berakhir.

Nilai plafon besar

Karena kredit yang diajukan menggunakan jaminan tertentu, sehingga nilai pinjaman yang bisa Anda peroleh cenderung lebih besar dibanding kredit tanpa pinjaman. Nilai pinjaman akan bergantung pada nilai aset yang dijaminkan.

Berbagai Syarat yang Harus Dipenuhi

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan masing-masing, hal berikutnya yang harus Anda pelajari adalah mengenai dokumen syarat pinjaman dana tunai termasuk tips untuk mengelola bijak pinjaman, antara lain:

Dokumen Kelengkapan

Beberapa persyaratan dokumen yang harus Anda penuhi untuk pengajuan pinjaman dana tunai adalah:

  • Fotokopi kartu kredit
  • Fotokopi identitas diri (KTP)
  • Fotokopi SIUP dan rekening koran untuk wiraswastawan
  • Jika karyawan, maka Anda harus menyerahkan surat keterangan penghasilan
  • Fotokopi NPWP

Kartu Kredit

Menyerahkan nomor kartu kredit berguna bagi bank untuk mengevaluasi riwayat keuangan Anda. Bank akan melakukan pengecekan apabila ternyata Anda sebelumnya memiliki riwayat pembayaran kartu kredit yang buruk. Apabila terbukti bahwa Anda masih memiliki tunggakan hutang di kartu kredit, maka bank akan memilih untuk tidak memberikan pinjaman.

Memberikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) wajib dicantumkan bagi Anda yang akan mengajukan pinjaman terutama dalam jumlah besar. Peminjam yang memiliki NPWP akan memiliki peluang untuk disetujui pinjamannya oleh bank dibanding peminjam yang tidak memiliki NPWP. Anda bisa mengurus Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) bagi yang belum memilikinya di kantor urusan pajak terdekat.

Mengajukan atas nama orang lain

Mengajukan peminjaman dengan nama orang lain dapat Anda lakukan terutama bagi yang sebelumnya memiliki catatan terkait pembayaran kredit yang buruk maupun pembayaran kredit macet. Bagi yang sebelumnya memiliki riwayat perbankan seperti ini akan memiliki peluang diterima sangat rendah. Untuk itu, Anda bisa mengajukan kredit menggunakan nama orang lain misalnya teman maupun keluarga terdekat yang dapat memenuhi persyaratan peminjaman dan bersedia untuk meminjamkan namanya sebagai peminjam. 

Meski cukup berisiko bagi orang yang dipinjam namanya, namun langkah ini bisa dilakukan antara satu orang dan orang lain yang sudah sangat dekat. Yang meminjam juga memiliki tanggung jawab untuk membayar dengan benar dan tepat waktu agar tidak menyulitkan orang yang namanya dipinjam.

Standar Penghasilan

Salah satu syarat utama yang harus dipenuhi adalah standar penghasilan. Lembaga keuangan tidak akan sembarangan mengeluarkan pinjaman kepada orang yang tidak memiliki kejelasan penghasilan. Untuk itu Anda harus memastikan standar penghasilan yang harus dipenuhi oleh lembaga keuangan. Anda juga harus memahami batasan uang yang akan diberikan oleh bank sesuai dengan penghasilan yang Anda miliki. Umumnya bank akan memberikan pinjaman sebesar 5 kali penghasilan Anda. 

Semoga, berbagai penjelasan syarat pinjaman dana tunai di atas bermanfaat bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman. Untuk membantu Anda mengajukan kredit baik dengan agunan maupun tidak, Anda bisa melakukannya via CekAja.com. Di CekAja.com Anda bisa membandingkan produk layanan keuangan dari satu bank ke bank lainnya, beserta berbagai informasi menarik seputar keuangan di https://www.cekaja.com/kredit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *